Today:17 February, 2020

Cara Memperkecil Ukuran Foto di Laptop Windows 10

Cara Memperkecil Ukuran Foto di Laptop Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Kadang kala kita perlu untuk memperkecil ukuran sebuah foto karena suatu hal. Misalnya saja saat akan mendaftar sebuah lowongan secara online, perusahaan tersebut membatasi ukuran foto yang harus dikirimkan.

Untungnya, mengubah ukuran foto tergolong sangat mudah untuk dilakukan. Apalagi jika laptop yang kamu gunakan menjalankan sistem operasi Windows 10. Hal ini karena Microsoft selaku pengembang sistem operasi ini membekalinya dengan beberapa editor gambar bawaan.

Bagi saya sendiri, beberapa editor bawaannya yang diberikan sudah cukup mumpuni. Menurut saya, beberapa di antaranya bahkan memiliki peralatan yang sangat lengkap mulai dari  menggabungkan gambar, menambahkan teks, atau mengubah ukurannya.

Nah dalam kasus untuk mengubah ukuran gambar ini, saya merekomendasikan untuk menggunakan Microsoft Paint 3D. Aplikasi ini merupakan versi pengganti dari Microsoft Paint dengan  berbagai peningkatan. Salah satunya, kamu bisa mengedit gambar 3D menggunakan perlengkapan ini.

Hal ini tentu cukup penting bagi kamu yang membuat desain dan ingin mencetaknya menggunakan printer 3D atau juga bisa digunakan untuk membuat obyek di Facebook Spark AR saat membuat filter Instagram.

Untuk mengubah ukuran foto dengan aplikasi ini, kamu bisa membuka folder tempat menyimpan foto yang akan diubah. Jika sudah, klik kanan pada foto tersebut dan pilih opsi Open with dan pilih Paint 3D dari pilihan yang muncul.

Tunggu beberapa saat hingga aplikasi editor gambar tersebut benar-benar terbuka. Selanjutnya, pilih menu Kanvas dengan ikon berbentuk kotak dengan tulisan “Kanvas” yang akan muncul saat kursor melayang di atasnya.

Cara Memperkecil Ukuran Foto di Laptop 1

Selanjutnya, pastikan untuk mencentang opsi “Kunci rasio aspek” dan “Mengubah ukuran gambar dengan kanvas”. Opsi ini diperlukan untuk mengunci rasio gambar agar rasionya tidak berubah saat mengubah lebar atau tingginya. Namun jika tidak butuh opsi ini, kamu bisa melewatinya.

Kemudian kamu bisa mengubah angka yang ada pada kolom Lebar atau Tinggi sesuai dengan piksel yang diperlukan. Untuk membuat perubahan, jangan lupa untuk menekan tombol Enter setelah mengisinya dengan angka tertentu.

Cara Memperkecil Ukuran Foto di Laptop 2

Nah jika sudah selesai memodifikasinya, kamu bisa menekan tombol Menu di pojok kiri atas, lalu kemudian pilih opsi Simpan sebagai dan pilih opsi Gambar. Selanjutnya pilih lokasi penyimpan yang akan kamu gunakan.

Beri nama yang sesuai pada kolom File name dan ubah tipe gambar pada Save as type jika diperlukan. Jika sudah selesai, kamu bisa menekan opsi Save untuk menyelesaikan penyimpanannya.

Selain akan mengubah ukuran piksel dari foto, cara ini pun akan mengubah ukuran file dari foto tersebut. Jika piksel (Lebar atau Tinggi) diperkecil, maka ukuran file foto juga akan mengecil. Hal ini juga berlaku sebaliknya.

Share
x