Today:14 July, 2020

10 Aplikasi Kompres Video Bagi Pengguna Android, iOS dan PC

Sepertinya konten video sekarang sudah jadi bagian penting dari kehidupan masyarakat. Mereka menonton dan berbagi video di berbagai platform media sosial. Namun sayang, karena bandwidth dan batas ukuran, berbagi video berkualitas tinggi pada platform media sosial yang berbeda tidak dimungkinkan. Misalnya, Gmail tidak memperbolehkan file lebih dari 25 MB dan WhatsApp hanya 16 MB.

Maka dari itu, kehadiran aplikasi kompresor video menjadi penting. Tidak hanya untuk berbagi file video di media sosial, pengguna juga bisa menggunakan aplikasi kompresor video untuk mengkompres video yang disimpan di ponsel mereka untuk menambah ruang kosong. Berikut ini adalah aplikasi kompres video yang bisa digunakan untuk pengguna Android, iOS, hingga PC.

1. Smart Video Compressor

Smart Video Compressor

* sumber: play.google.com

Dikembangkan oleh AppAspect Technologies Pvt Ltd., aplikasi Smart Video Compressor mendapatkan rating 4,6 di Play Store. Aplikasi ini merupakan aplikasi gratis dan bisa digunakan untuk mengompres file yang diinginkan pengguna secara sederhana dan cepat.

Ketika mengkompres video HD, pengguna bisa mengurangi ukuran file lebih dari 70% sampai 80%. Video yang bisa dikompresi adalah file 720p, VGA, dan video berkualitas rendah. Progres kompresi file juga bisa langsung diperiksa. Metadata dapat dipertahankan menggunakan aplikasi. Download Smart Video Compressor.

2. Compress Videos & Resize Videos

Compress Videos & Resize Videos

* sumber: apps.apple.com

Dengan aplikasi kompresor video gratis ini, pengguna tidak perlu khawatir lagi soal kualitas video yang diubah ukurannya karena aplikasi ini tetap menjaga kualitas video bahkan ketika ukuran video berkurang lebih dari 80%.

Aplikasi Compress Videos & Resize Video memungkinkan pengguna untuk membantu mengosongkan ruang di iPhone atau iPad. Untuk mulai mengurangi ukuran video, pengguna hanya perlu membuka aplikasi dan memilih semua video, video yang baru ditambahkan atau kategori lain yang tersedia.

Sesudah memilih kategori kemudian memilih video yang akan dikompres disusul dengan menekan tombol ‘Next’. Tahap selanjutnya adalah melakukan pengaturan lalu diakhiri dengan tombol kompres dan aplikasi ini akan mengecilkan ukuran video kemudian menyimpannya ke album video terkompresi.

Aplikasi ini mempunyai antarmuka yang mudah digunakan dan mendukung hampir semua format video. Pengguna juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengkonversi video ke audio. Compress Videos & Resize Video juga bisa memutar video. Download Compress Video and Resize Videos.

3. Video Transcoder

Video Transcoder

* sumber: play.google.com

Jika ingin mengkompres ukuran video di Android tapi takut aplikasinya memiliki banyak iklan, cobalah aplikasi ini. Video Transcoder merupakan sebuah aplikasi yang bersifat open-source dan bebas iklan, Aplikasi ini berfokus pada memberikan pengalaman yang lebih baik dalam kompresi video.

Pengguna bisa mulai dengan memilih video untuk dikompres dan aplikasi ini akan menunjukkan kepada pengguna semua parameter yang dapat diatur. Pengguna bisa mengubah codec, FPS, kecepatan bit, resolusi dan audio. Proses pengkodean tak lama dan file disimpan ke memori internal. Download Video Transcoder.

4. Video Dieter 2

Video Dieter 2

* sumber: ruanglaptop.com

Video Dieter 2 merupakan aplikasi kompres video untuk Android yang memiliki banyak fitur. Aplikasi ini sangat ringan dan ukurannya hanya 2,2 MB. Selain mendukung pengeditan foto, Video Dieter 2 juga bisa digunakan untuk memutar video dan mendukung konversi konten 4K.

Pengguna juga mendapatkan pilihan menerapkan filter foto. Tersedia 24 filter foto yang berbeda. Tak berbeda dari aplikasi kompres video lainnya, Video Dieter 2 juga menyediakan pilihan untuk menentukan kualitas video: rendah, sedang, dan tinggi.

Video Dieter 2 merupakan aplikasi gratis yang memiliki iklan. Aplikasi ini juga mempunyai beberapa fitur terkunci yang bisa dibuka dengan merekomendasikan aplikasi kepada teman-teman pengguna. Download Video Dieter 2.

5. Video Slimmer

Video Slimmer

* sumber: apps.apple.com

Lebih dari sekadar aplikasi kompres video sederhana untuk iOS, Video Slimmer memungkinkan penggunanya untuk memotong, merotasi, atau menggabungkan video. Kemampuan pemrosesan batch aplikasi ini sangat bagus karena pengguna bisa mengekspor video yang diubah ukurannya dengan cepat.

Pengguna bisa mengosongkan ruang penyimpanan iPhone atau iPad hingga 80%. Aplikasi Video Slimmer memungkinkan pengguna untuk memilih jika mereka ingin menghapus video asli dari perangkat setelah kompresi atau menambahkan salinan video ke galeri foto.

Kembali ke menu utama aplikasi dan klik tombol ‘Slim Now’ untuk mulai mengkompres video yang dipilih. Sesudah mengurangi ukuran video, pengguna bisa membagikannya di media sosial atau mengirimnya ke teman dengan lebih cepat dibandingkan file asli yang beresolusi tinggi. Download Video Slimmer App.

6. Video Compress – Shrink Vids

Video Compress – Shrink Vids

* sumber: apps.apple.com

Aplikasi ini merupakan aplikasi kompres video untuk perangkat Apple yang bebas digunakan dan dikembangkan oleh Martin Brachmann. Video Compress – Shrink Vids mempunyai rating 4.5 di App Store. Video bisa dikecilkan ukurannya dan dikompres untuk menghemat ruang pada perangkat.

Video Compress – Shrink Vids memungkinkan pengguna untuk mengompres satu file, banyak file atau bahkan seluruh album sesuai kebutuhan. Kekuatan kompres juga bisa disesuaikan dengan memilih bit rate dan resolusi file.

Fitur pratinjau memungkinkan pengguna untuk memeriksa kualitas gambar sebelum dikompres. Selain itu terdapat fitur tambahan yang bisa menghapus video asli untuk menghemat ruang, mengkompres video 4K, antarmuka yang sederhana dan intuitif, dan lainnya. Download Video Compress – Shrink Vids.

7. VidCompact

VidCompact

* sumber: play.google.com

VidCompact dibuat oleh pembuat aplikasi editor video VideoShow, yang menyebutkan bahwa aplikasi telah diunduh lebih dari 100 juta kali, dan memiliki banyak fitur seperti pemangkasan video, mengkompresi video, mengganti nama dan lain-lain.

Saat meluncurkan aplikasi, pengguna bisa memilih untuk ‘Trim dan Compres’, lalu pengguna bisa memilih video yang ingin dikompres dari sub-folder. Setelah memilih video, maka pengguna bisa memilih resolusi yang diinginkan menjadi kompres video.

Pengguna juga bisa memilih untuk memotong video ketika proses mengkompres sedang berjalan jika diinginkan. Salah satu hal yang terbaik dari aplikasi ini adalah iklan yang tidak terlalu banyak dan tidak ada versi berbayar. Download VidCompact.

8. Any Video Converter

Any Video Converter

* sumber: www.softpedia.com

Any Video Converter merupakan aplikasi konversi video populer yang membantu pengguna untuk mengkompres video dengan mudah. Pengguna hanya perlu melakukan “drop and drag” file yang ingin dikompres, pilih parameter kompresi, dan jalankan.

Aplikasi ini juga bisa mengkonversi video ke beragam format dan mengunduh video YouTube dan Netflix. Dengan versi gratis itu sendiri, aplikasi ini memberi pengguna fungsionalitas untuk memampatkan 100+ format video, mengubahnya menjadi 160+ format video dengan kualitas lossless 100%.

Any Video Converter juga mendukung NVIDIA NVENC encoding yang dipercepat bersama dengan pengunduhan video 4K yang bagus. Bagian terbaik dari aplikasi ini adalah aplikasi ini tidak ada iklan, tidak ada malware, tidak ada spyware seperti perangkat lunak gratis lainnya. Download Any Video Converter.

9. Video Compressor & Editor

Video Compressor & Editor

* sumber: apps.apple.com

Aplikasi kompresor video untuk iOS dikembangkan oleh Yong Chen. Video Compressor & Editor bebas untuk digunakan dan skor ratingnya di App Store 4,6. Aplikasi ini memiliki antarmuka yang sederhana selain mudah digunakan dan memungkinkan mengkompres file dengan kualitas yang baik.

Video bisa dipotong, dipangkas, dipisah, digabung, dan dirotasi sesuai kebutuhan. Pengguna bisa mengompres satu file atau beberapa file menggunakan aplikasi ini. Terdapat beberapa pilihan resolusi yang tersedia untuk file H264 dan HEVC.

Fitur tambahan yang dimiliki aplikasi ini termasuk dukungan untuk beberapa pilihan laju bit, fungsi pratinjau, mempertahankan metadata, dan lain-lain. Video Compressor & Editor membantu pengguna iOS untuk berbagi dan mengirim video dengan mudah. Download Video Compressor & Editor.

10. Video Compress

Video Compress

* sumber: play.google.com

Aplikasi berikut ini mempunyai nama yang sangat panjang tapi fungsinya bagus. Video Shrink Size and Extract audio dirancang untuk mengkompres file video di ponsel untuk menghemat ruang penyimpanan ponsel.

Video Compress mengklaim aplikasi ini bisa mengkompres ukuran video hingga 80% tanpa kehilangan kualitasnya. Aplikasi ini tidak memiliki antarmuka yang mewah, Video Compress mencantumkan semua folder dengan video.

Pengguna bisa memilih file video dan kemudian aplikasi melanjutkan untuk meminta pengguna memasukkan resolusi dan kecepatan untuk file yang diperbarui. Resolusi dapat dipilih oleh pengguna untuk menentukan ukuran file.

Video Compress mempunyai tiga mode untuk menyesuaikan bitrate file output dari lambat, sedang, dan cepat. Metode cepat menawarkan pengompresan file yang lebih rendah dan metode lambat untuk file yang lebih tinggi. File output secara otomatis disimpan ke folder aplikasi. Download Video Compress.

Sekarang, para pembuat konten video atau para pekerja yang ingin membagikan atau mengirim file video tak perlu khawatir lagi file video mereka tak bisa diunggah atau dikirim. Semuanya bisa diselesaikan oleh aplikasi kompres video yang bisa mengecilkan ukuran video. Baca juga artikel 15 Aplikasi Edit Video Terbaik untuk PC dan Laptop ini.

Share