Today:26 September, 2020

Mengatasi Ngilu Akibat Gigi Sensitif bagi Pecinta Kopi

Apabila rasa ngilu sering muncul ketika makan dan minum, kemungkinan besar Anda memiliki gigi yang sensitif. Hal ini yang menyebabkan sebagian besar orang membatasi jenis makanan yang dikonsumsi. Untuk mengatasi gigi ngilu karena sensitif diperlukan beberapa upaya perawatan dan lebih memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Seringkali orang yang memiliki gigi sensitif tidak bisa sepenuhnya menikmati momen tertentu. Salah satunya seperti saat akan minum kopi. Apakah pengidap gigi sensitif benar-benar harus berhenti minum kopi?

Mengapa kopi bisa menyebabkan rasa ngilu?

gigi sensitif minum kopi

Perlu Anda tahu, kopi bukanlah faktor yang menyebabkan rasa ngilu pada gigi sensitif. Namun, cara penyajiannya yang menjadi masalah.

Bahkan, menurut sebuah penelitian pada tahun 2009, kopi malah dapat membantu mencegah karies pada gigi asalkan diminum tanpa zat aditif.

Seperti yang sudah diketahui, rasa ngilu dapat dipicu oleh makanan atau minuman yang disajikan terlalu panas dan dingin. Oleh karena itu, mengingat kopi pada umumnya disajikan dengan cara tersebut, tidak heran rasa ngilu dapat mudah datang.

Alasan di balik makanan dan minuman dingin dan panas bisa memicu rasa ngilu kemungkinan besar antara lain:

Rasa ngilu muncul karena dentin (tulang gigi) kehilangan lapisan pelindung yang diakibatkan faktor-faktor yang telah disebutkan di atas.

Adakah cara agar pengidap gigi sensitif tetap bisa menikmati kopi?

Untuk mengatasi ngilu akibat gigi sensitif bagi pecinta kopi, caranya hampir sama seperti pengidap gigi sensitif lainnya, yakni sebagai berikut:

Menggunakan pasta gigi khusus gigi sensitif

pasta gigi sensitif

Pasta gigi untuk gigi sensitif pada umumnya mengandung senyawa yang dapat membantu melindungi gigi dari paparan makanan dan minuman dingin, panas, atau asam penyebab rasa ngilu.

Kandungan seperti potasium nitrat dan Calcium Sodium Phosphosilicate dapat bekerja secara bersamaan menenangkan saraf yang terpapar penyebab rasa ngilu pada gigi.

Sebuah studi yang diterbitkan Journal of Clinical Dentistry membuktikan bahwa pasta gigi yang mengandung Calcium Sodium Phosphosilicate dan potasium nitrat secara efektif dapat mengurangi sensitivitas pada gigi.

Penelitian ini juga menunjukkan dari 2 senyawa yang diteliti, Calcium Sodium Phosphosilicate merupakan senyawa yang paling efektif dalam memberikan perlindungan sekaligus meredakan ngilu akibat gigi sensitif.

Menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan rutin

lama menggosok gigi

Memastikan untuk selalu rutin membersihkan gigi termasuk upaya dalam menghambat dan mengurangi rasa ngilu setiap kali makan dan minum. Hal ini dikarenakan kesehatan gigi dan mulut yang buruk dapat memperparah penyebab gigi sensitif.

Akan tetapi, penyesuaian harus tetap dilakukan, misalnya seperti yang telah dibahas sebelumnya yaitu menggunakan pasta gigi khusus. Selain itu, gunakan sikat gigi dengan bulu yang lebih halus serta bersihkan gigi secara perlahan.

Berkonsultasi dengan dokter gigi

dokter gigi

Pada umumnya, Anda disarankan untuk mengunjungi dokter gigi setiap enam bulan sekali. Namun, pengidap gigi sensitif mungkin disarankan untuk lebih sering melakukan kunjungan dokter tergantung kondisi yang dirasakan.

Dokter mungkin akan menyarankan Anda untuk melakukan bedah gusi (surgical gum draft) atau perawatan saluran akar gigi (root canal treatment) sesuai dengan kondisi gigi.

Bedah gusi dilakukan untuk mengembalikan jaringan gusi pada akar gigi yang hilang. Caranya dengan mengambil dari bagian gusi lain untuk melindungi akar gigi dan mengurangi sensitivitas yang dialami.

Sementara itu, perawatan saluran akar dilakukan ketika rasa ngilu sudah sangat parah dan perawatan lain tidak dapat meringankan gejala yang dirasakan. Seperti yang dilansir dari Mayo Clinic, perawatan ini dianggap sebagai salah satu teknik yang efektif dalam mengatasi gigi sensitif.

Anda tidak perlu khawatir jika ingin menikmati kopi meski memiliki gigi sensitif. Penyebab rasa ngilu bukanlah kopi melainkan cara penyajian kopi yang biasa diminum terlalu panas atau dingin.

Oleh karena itu, lakukan perawatan gigi sensitif dengan menggunakan pasta gigi khusus gigi sensitif dengan kandungan yang tepat.

Baca Juga:

Share