Today:25 May, 2020

Pengaruh Buah Terhadap Perkembangan Otak Janin

Siapa yang tak kenal khasiat dari buah? Selain membantu menyehatkan tubuh, ternyata manfaat buah juga dirasakan oleh ibu hamil dan janinnya. Konsumsi buah yang cukup selama kehamilan ternyata berpengaruh positif terhadap perkembangan otak janin. Benarkah demikian?

Pengaruh buah terhadap perkembangan otak janin

iugr adalah janin tidak berkembang

Buah tentu memiliki segudang manfaat yang baik, terutama bagi ibu hamil. Mulai dari menjaga kesehatan selama kehamilan hingga mendukung tumbuh kembang janin yang ada di dalamnya. 

Salah satu khasiat yang baru-baru ini ditemukan oleh tim peneliti dari University of Alberta adalah buah memengaruhi perkembangan otak janin. 

Sebenarnya pada 2016 sudah ada penelitian yang lebih dulu menyebutkan adanya peningkatan kognitif pada bayi yang sering mengonsumsi buah ketika masih di dalam kandungan. 

Beberapa tahun berikutnya tim peneliti kembali mencoba mencari bukti yang lebih akurat. Mereka menemukan bahwa konsumsi buah pada ibu hamil berpengaruh terhadap otak bayi hingga satu tahun setelah kelahiran.

Penelitian yang menggunakan tikus sebagai hewan percobaan itu mencoba membandingkan kelompok tikus yang diberikan jus jeruk cair dengan kelompok yang hanya diberikan air. 

usia janin

Hasilnya, kelompok tikus yang diberikan jus buah mengalami peningkatan asupan cairan dibandingkan tikus yang hanya diberikan air. Setelah bayi tikus melahirkan, terdapat peningkatan yang signifikan pada daya ingat bayi yang menerima asupan cairan jeruk dibandingkan kelompok satunya.

Hal ini terlihat karena para peneliti meletakkan cacing pada masing-masing kandang. Lewat tingkat kewaspadaan dan menanggapi situasi saat itu terlihat lebih baik pada tikus yang mengonsumsi jus buah. 

Sementara itu, bayi tikus yang hanya minum air selama kehamilan justru menunjukkan rasa cemas yang tidak umum, seperti kurang bisa beradaptasi. 

Hasil dari uji coba tikus tersebut membuat para ahli menyimpulkan kemungkinan pengaruh konsumsi buah terhadap perkembangan otak janin kurang lebih sama pada manusia. 

Para peneliti pun berharap melalui studi ini dapat meningkatkan kesadaran bagi para ibu hamil untuk menjalani pola hidup sehat. Bahkan, konsumsi buah disebut-sebut juga baik terhadap kesehatan mental sang ibu. 

Oleh karena itu, salah satu prioritas utama bagi ibu hamil adalah memenuhi kebutuhan nutrisi agar tubuhnya tetap bugar dan menyehatkan janin yang ada di dalamnya. Hal tersebut bisa dicapai dengan buah yang baik untuk perkembangan janin Anda. 

Jenis buah yang baik untuk perkembangan otak janin

vitamin c untuk ibu hamil

Semua ibu pasti ingin yang terbaik bagi calon anaknya. Buah adalah salah satu cara untuk melengkapi kebutuhan vitamin dan mineral agar perkembangan janin tidak terhambat.

Akan tetapi, tentu saja para ibu tidak boleh mengonsumsi buah sembarangan. Semua jenis buah segar memang baik selama kehamilan, tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum dikonsumsi. 

Misal, para ibu hamil perlu membatasi porsi buah. Hal ini dikarenakan kandungan gula dan kalori pada buah tertentu cukup tinggi, sehingga ketika terlalu banyak justru akan berdampak buruk bagi kehamilan dan perkembangan janin. 

Berikut ini beberapa jenis buah yang bisa dibeli untuk menjaga kesehatan diri sendiri selama kehamilan dan tentu saja calon anak Anda. 

1. Aprikot

manfaat buah aprikot

Salah satu buah yang baik untuk kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin adalah aprikot. Satu buah aprikot biasanya mengandung segudang vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh ibu hamil, seperti vitamin A, C, dan E, kalsium, zat besi, hingga fosfor. 

Nutrisi yang ada di aprikot ini disebut-sebut berpengaruh baik terhadap tumbuh kembang bayi. Maka itu, buah yang berasal dari Tiongkok ini direkomendasikan selama kehamilan. 

2. Jeruk

khasiat jeruk

Selain aprikot, jeruk juga mengandung segudang khasiat bagi ibu hamil. Sama seperti aprikot, buah jeruk memiliki kandungan vitamin dan mineral, seperti folat, vitamin C, dan air. 

Maka itu, jeruk dinilai sebagai salah satu buah yang membantu tubuh tetap terhidrasi dan membantu mencegah kelainan otak dan sumsum tulang belakang bayi.

3. Mangga

manfaat kulit mangga

Biasanya ketika ibu hamil sedang ngidam, mangga menjadi salah satu buah yang kerap disukai.

Mangga yang menjadi buah favorit para ibu hamil tentu memiliki manfaat. Satu mangkuk mangga yang sudah dipotong-potong dapat memenuhi kebutuhan harian atau RDA vitamin C dan sepertiga RDA vitamin A ibu hamil. 

Vitamin A ternyata cukup penting bagi perkembangan janin, terutama sistem kekebalan mereka. Maka itu, buah mangga masuk dalam menu makan sehat ibu hamil agar perkembangan janin tetap baik dan lancar. 

Porsi buah yang dianjurkan selama kehamilan

ibu hamil makan buah mentah

Sebenarnya, hampir semua buah baik untuk ibu hamil dan perkembangan janin. Namun, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya Anda perlu memperhatikan porsi buah selama kehamilan. 

Normalnya, ibu hamil disarankan untuk makan lima porsi buah bervitamin dan sayuran segar setiap hari. Berikut ini adalah aturan umum satu porsi buah yang baik bagi ibu hamil.

  • sepotong buah untuk jenis buah yang ukurannya sama dengan bola tenis
  • secangkir buah yang sudah dipotong-potong atau dicincang

Dengan makan buah dan sayuran, nutrisi ibu hamil akan tercukupi dan tubuhnya mampu mendukung perkembangan bayi mereka. Bahkan, buah juga membantu mengurangi risiko penyakit dan cacat pada janin dan sang ibu. 

Buah memang baik untuk kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin. Namun, para ibu hamil mungkin perlu berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda sebelum memasukkan jenis buah tertentu dalam menu harian. Hal ini bertujuan untuk melihat apakah Anda memiliki alergi atau tidak.

Baca Juga:

Share
x