Today: 1 April, 2020

Lebih Canggih, iPhone 12 Pro Max Kabarnya Akan Bawa Kamera Berteknologi Sensor-Shift Image Stabilization

Kamera iPhone 12 Pro Max Header

[Ilustrasi adalah Kamera iPhone 11]

Gadgetren – Ponsel Apple selanjutnya, iPhone 12 Pro Max, kabarnya akan dilengkapi dengan teknologi sensor-shift image stabilization untuk meningkatkan kemampuan kamera yang akan diberikan.

Berdasarkan keterangan yang disampaikan oleh 9To5Mac, informasi ini diungkapkan oleh seorang analis yang memiliki rekam jejak sangat baik dalam mengungkapkan bocoran-bocoran teknologi Apple, yakni Ming-Chi Kuo.

Kuo mengungkapkan bahwa teknologi sensor-shift image stabilization yang pertama kali mengudara pada bulan Desember 2019 silam akan disematkan secara terbatas pada ponsel-ponsel iPhone kelas atas.

Berbeda dengan stabilisasi optik yang meredam guncangan dengan menggeser bagian lensa, teknologi sensor-shift image stabilization akan melakukannya dengan menggeser sensor kamera itu sendiri secara langsung.

GSMArena mengklaim bahwa teknologi ini akan menggantikan stabilisasi berbasis optik yang sekarang banyak digunakan pada kamera utama karena punya keuntungan tambahan berupa dukungan untuk mempertahankan bentuk ponsel supaya tetap ramping.

Teknologi sensor-shift image stabilization ini juga disebut oleh The Next Web akan memberikan hasil foto yang lebih baik untuk benda-benda diam di kondisi kurang cahaya serta hasil video yang lebih halus.

Sistem stabilisasi kamera baru ini secara teknis nantinya mendukung peredaman dalam lima sumbu seperti Pitch (rotasi vertikal), Yaw (rotasi horizontal), Vertical Translation (pergeseran vertikal), Horizontal Translation (pergeseran horizontal), dan Roll.

Selain teknologi sensor-shift image stabilization, Kuo juga mengungkapkan bahwa modul kamera pada model tertinggi dari lini iPhone selanjutnya itu akan dilengkapi dengan sensor berukuran yang lebih besar.

Kuo menyebutkan modul kamera untuk lensa sudut lebar tersebut akan membawa sensor berukuran 1/1.9″. Sebagai bahan pembanding, sensor pada kamera iPhone 11 Pro hanya berukuran 1/3.6”.

Dengan sensor yang lebih besar ini, kualitas gambar yang akan dihasilkan oleh perangkat iPhone selanjutnya itu akan lebih tajam dengan noise minimal meski untuk fotografi di kondisi cahaya rendah.

Informasi mengenai kamera dari model tertinggi iPhone 12 Pro Max ini pun melengkapi informasi sebelumnya yang menunjukkan bahwa akan membawa kamera 3D ToF (time of flight) baru yang bisa menunjang kemampuan mengambil foto potret dan penggunaan AR (Augmented Reality).

Share
x