Today: 1 April, 2020

Hands-On OPPO A91: HP Layar Penuh yang Banyak Fitur

OPPO A91 with Box

Gadgetren – Setelah penjualan resminya yang jatuh pada 24 Maret 2020 di Shopee, tim Gadgetren berkesempatan untuk melihat hands-on OPPO A91.

Pada sampul dus penjualannya, terlihat logo OPPO bersama dengan tulisan OPPO A91, bentuk smartphone yang terlihat bagian belakang maupun depan, latar belakang gradasi, dan tulisan keterangan kapasitas RAM serta penyimpanan internalnya.

Setelah membuka penutup dusnya, terdapat kotak yang berisikan kartu garansi, kartu manual penggunaan, SIM Ejector, dan softcase tambahan. Tepat di bawah kotak ini terdapat smartphone OPPO A91.

OPPO A91 with All

Berlanjut di bawah OPPO A91, terdapat kabel data, adaptor charger, dan earphone bawaan. Sebagai catatan, kabel data dan adaptor charger yang dimiliki oleh smartphone ini mendukung teknologi 20W VOOC Flash Charge 3.0 yang memungkinkan pengisian daya baterai cepat.

Pada bodi belakangnya, terdapat empat kamera belakang yang disusun secara vertikal dengan konfigurasi kamera utama 48 MP, ultrawide 8 MP, monokrom 2 MP, dan makro 2 MP. Banyaknya fungsi kamera ini mengizinkan pengguna untuk dapat berkreasi dalam menghasilkan foto yang menarik.

Tepat di sebelah kanan kamera belakangnya terdapat tulisan Designed for A-Series dan LED Flash. Tak lupa, logo OPPO pun disematkan pada bagian bawahnya. Terdapat lengkungan di bagian kiri dan kanan bodi belakangnya yang memudahkan pengguna untuk memegang OPPO A91 hanya dengan menggunakan satu tangan.

OPPO A91 All Back

Bodi belakangnya sendiri mempunyai bahan polikarbonat yang didesain menyerupai kaca sehingga akan mengkilap apabila terkena pantulan cahaya. Kebetulan pada kesempatan Hands-On kali ini menggunakan OPPO A91 dengan warna Lightening Black yang membuatnya terlihat kokoh.

Beralih ke bagian depannya, terdapat layar 6,4 inci yang memenuhi bagian depan lengkap dengan poni berbentuk tetesan air. Resolusi Full HD+ dan teknologi AMOLED membuat layar OPPO A91 dapat menampilkan konten dengan tajam dan terang ketika dilihat secara kasat mata.

Selain membuat bezel bagian atasnya menjadi kecil, poni OPPO A91 ini digunakan untuk menyimpan kamera depan beresolusi 16 MP. Sementara sensor fingerprint milik smartphone ini disematkan tepat di dalam layarnya.

OPPO A91 Bottom

Pada bagian bawahnya terdapat port jack audio 3,5mm, USB Type-C, dan lubang speaker. Untuk tombol power diletakkan pada bagian kanan, sementara slot kartu SIM serta microSD dan tombol volume disematkan pada bagian kiri.

Menurut saya, OPPO A91 ini cukup ringan ketika dipegang karena memiliki bobot 172 gram dan ketebalan 7,9mm. Selain itu, sistem operasi perangkat ini mudah digunakan karena ColorOS 6.1.2 berbasiskan Android 9 mempunyai tampilan antarmuka yang sederhana, namun banyak fitur di dalamnya.

OPPO A91 Display

OPPO A91 dapat melakukan navigasi, berpindah antar aplikasi, maupun menjalankan aplikasi dengan mulus karena dibekali dengan chipset MediaTek Helio P70 Octa-Core yang dikombinasikan dengan RAM 8 GB.

Penyimpanan internal 128 GB yang dibenamkan pada smartphone ini memudahkan pengguna untuk menyimpan banyak dokumen, foto, video, musik, aplikasi, atau game sekaligus. Dengan fitur yang ditawarkannya, OPPO A91 dijual di Indonesia dengan harga resmi Rp 3.999.000.

Share
x