Today:31 May, 2020

11 Obat Amandel Paling Ampuh (Alami dan Medis)

Kendati berfungsi sebagai pelindung tubuh dari serangan penyakit, amandel (tonsil) juga tak lepas dari ancaman gangguan kesehatan. Adalah radang amandel, di mana kondisi ini jika tidak segera ditangani dapat membuat tubuh jadi lebih rentan terhadap penyakit. Amandel dapat diatasi dengan sejumlah jenis obat-obatan, alami maupun medis. Apa saja obat amandel tersebut? Berikut informasinya!

obat-amandel-doktersehat

Apa Itu Radang Amandel?

Radang amandel (tonsilitis) adalah suatu kondisi ketika tonsil mengalami peradangan (inflamasi). Masalah kesehatan yang satu ini tentu saja akan sangat mengganggu dikarenakan dapat membuat Anda mengalami sejumlah gejala, yaitu:

  • Sakit takit membuat Anda mengalami sejumlah gejala, yaitu:
  • gat mengganggu dikarenakan obat-obatan, alami maupun medis. Apa saja obat enggorokan
  • Sakit telinga
  • Kesulitan menelan makanan
  • Suara serak
  • Bau mulut
  • Demam

Penyebab Radang Amandel

Bukan tanpa alasan mengapa Anda mengalami masalah kesehatan yang satu ini. Radang amandel yang masuk ke dalam jenis penyakit menular bisa disebabkan oleh:

  • Bakteri streptococcus
  • Virus influenza

Sebaiknya segera periksakan diri Anda ke dokter manakala mengalami gejala-gejala yang mengarah pada kondisi tonsillitis ini. Melalui pemeriksaan, dokter dapat mengetahui apa yang menjadi penyebab radang amandel yang diderita. Hal ini menjadi penting agar dokter bisa menentukan langkah pengobatan yang tepat.

Macam-Macam Obat Amandel (Alami)

Tonsilitis bisa saja bersifat ringan. Jika ini yang Anda alami, maka masalah kesehatan ini bahkan dapat sembuh dengan sendirinya setelah beberapa hari atau minggu. Akan tetapi, Anda juga bisa memanfaatkan sejumlah obat amandel alami berikut ini jika ingin sembuh lebih cepat. Apa saja itu? Berikut informasinya!

1. Air Garam

Obat amandel alami yang pertama adalah air garam. Anda bisa berkumur menggunakan air hangat yang telah dicampur dengan garam dapur.

Garam memiliki kandungan zat yang bersifat antiseptik dan dapat membasmi virus maupun bakteri penyebab tonsillitis. Sementara itu, air hangat berfungsi untuk memberikan efek rileks pada amandel yang meradang sekaligus tenggorokan.

Berkumurlah dengan air garam secara rutin sampai kondisi ini dirasa sudah membaik. Pastikan saat berkumur, air garam menyentuh amandel Anda yang sedang meradang tersebut.

2. Permen Licorice

Cara mengobati amandel yang meradang selanjutnya adalah dengan menghisap permen pelega tenggorokan yang bisa Anda temukan di apotek, toko obat, maupun supermarket.

Akan tetapi, alangkah baiknya jika Anda membeli produk permen tenggorokan yang mengandung bahan alami seperti licorice. Pasalnya, licorice merupakan bahan alami yang memiliki sifat antiinflamasi sehingga diklaim efektif dalam meredakan rasa nyeri dan pembengkakan yang terjadi pada tonsil.

Akan tetapi, obat alami yang satu ini tidak disarankan untuk diberikan pada anak-anak. Alih-alih memberikan permen hisap, anak-anak yang menderita tonsillitis sebaiknya diberikan obat amandel anak dalam bentuk sirup atau spray khusus.

3. Kunyit

Anda juga bisa memanfaatkan rempah-rempah sebagai cara mengobati amandel secara alami. Salah satu dari jenis rempah yag dianjurkan adalah kunyit.

Sama seperti licorice, alasan mengapa kunyit masuk ke dalam jajaran obat amandel alami dikarenakan rempah ini mengandung zat yang bersifat antiinflamasi dan juga antiseptik sehingga dianggap mampu untuk mengatasi infeksi pada tonsil sekaligus meredakan gejala yang ditimbulkan.

Anda bisa mencampurkan ½ sendok teh kunyit dengan air hangat dan garam. Kemudian, berkumurlah dengan air campuran ini pada pagi dan sore hari. Lakukan secara rutin sampai kondisi dirasa membaik.

4. Kayu Manis

Menurut seorang pakar medis dari India yakni Dr. Ashutosh Gautam, sebagaimana dilansir dari NDTV, kayu manis juga dapat dijadikan alternatif pengobatan radang amandel.

Pasalnya, jenis rempah yang satu ini diklaim mengandung zat yang bersifat antimikroba sehingga efektif alam mencegah aktivitas tumbuh kembang bakteri maupun mikroorganisme ‘jahat’ lainnya di dalam tubuh.

Cara mengobati amandel dengan kayu manis adalah sebagai berikut:

  • Larutkan 1 sendok bubuk kayu manis ke dalam segelas air hangat
  • Tambahkan madu
  • Aduk secara merata, kemudian minum

Lakukan cara ini secara rutin sebanyak 2-3 kali sehari sampai amandel Anda sembuh.

5. Teh Hangat Campur Madu

Jika Anda tidak terlalu suka dengan aroma rempah-rempah di atas, Anda bisa mengonsumsi minuman teh biasa guna mengobati radang amandel yang tengah diderita secara alami.

Jangan lupa untuk menambahkan madu pada minuman teh hangat Anda sebelum dikonsumsi. Madu terbukti memiliki kandungan zat antibakteri yang kuat sehingga dinilai ampuh untuk mengobati tonsillitis ini.

6. Makanan Dingin

Dilansir dari Healthline, mengonsumsi makanan dingin seperti es krim ternyata dapat membantu mengobati peradangan pada amandel, lho!

Makanan dingin seperti es krim ini lebih difungsikan sebagai obat amandel anak alami dikarenakan anak-anak mungkin tidak bisa menggunakan obat alami seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.

Sensasi dingin yang dihasilkan dianggap efektif untuk meredakan peradangan berikut gejala yang ditimbulkannya seperti rasa nyeri dan pembengkakan di area tenggorokan.

7. Pelembap Udara

Salah satu dampak yang ditimbulkan dari tosilitis adalah tenggorokan dan mulut yang terasa kering. Guna mengatasi hal ini, maka ada ‘obat’ lainnya yang bisa Anda andalkan yakni pelembap udara (humidifier).

Pelembap udara ini akan membantu untuk menjaga agar ruangan tidak terlalu kering yang mana kondisi ini menjadi pemicu timbulnya gejala mulut dan tenggorokan kering hingga menyebabkan peradangan semakin parah.

Tak hanya itu, fungsi dari alat ini adalah untuk membasmi bakteri maupun virus yang mungkin bertebaran di sekitar ruangan.

8. Perbanyak Minum Air Putih

Selain dengan pelembap udara, cara mengobati amandel secara alami bisa dengan cara yang sejatinya sederhana, yakni cukup dengan memperbanyak minum air putih.

Air putih berfungsi untuk mencegah amandel maupun area tenggorokan Anda dari kondisi dehidrasi yang mana hal ini hanya akan semakin memperparah peradangan. Oleh sebab itu, pastikan asupan air putih Anda mencukupi selama masa pengobatan.

9. Istirahat yang Cukup

Terakhir dari cara mengobati radang amandel secara alami adalah dengan beristirahat yang cukup.

‘Obat’ amandel alami yang satu ini menjadi penting karena istirahat dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda sehingga infeksi lebih mudah untuk diperangi.

Baca Juga: 5 Bahaya Amandel Jika Tak Diobati atau Dioperasi

Macam-Macam Obat Amandel (Medis)

Selain dengan cara alami, radang amandel bisa diatasi dengan mengonsumsi sejumlah obat amandel yang bisa Anda dapatkan di apotek, toko obat, maupun supermarket.

Berikut adalah pilihan obat medis untuk mengatasi tonsillitis yang bisa Anda gunakan!

1. Obat Antibiotik

Apabila radang amandel yang Anda derita disebabkan oleh infeksi bakteri, maka biasanya dokter akan meresepkan obat golongan antibiotik.

Pastikan untuk mengonsumsi obat ini sesuai dosis yang telah ditetapkan oleh dokter, termasuk mematuhi anjuran untuk menghabiskan obat. Pasalnya, obat antibiotik yang tidak dihabiskan dapat berdampak pada resistensi bakteri dan komplikasi yang bisa saja membahayakan diri Anda.

Sampaikan juga pada dokter apabila Anda memiliki riwayat alergi terhadap jenis obat antibiotik tertentu agar dokter bisa mencarikan antibiotik yang tepat untuk digunakan.

2. Obat Analgetik dan Antipiretik

Sementara itu, apabila tonsillitis yang Anda alami bukan disebabkan oleh bakteri melainkan virus, maka biasanya dokter hanya akan meresepkan obat-obatan dari golongan analgetik dan antipiretik. Tujuannya tak lain untuk meredakan gejala-gejala yang ditimbulkan seperti nyeri dan pembengkakan.

Obat-obatan yang dimaksud meliputi:

Aspirin

Aspirin adalah obat yang fungsinya adalah untuk menghentikan peradangan berikut gejala yang ditimbulkan yakni nyeri. Akan tetapi, obat ini tidak dapat dikonsumsi oleh anak usia di bawah 12 tahun.

Ibuprofen

Selain itu, dokter juga biasa memberikan pasien obat ibuprofen. Obat ini memiliki fungsi untuk meredakan gejala tonsillitis berupa nyeri dan demam.

Paracetamol

Sama seperti ibuprofen, paracetamol adalah obat golongan analgetik yang diformulasikan untuk mengatasi gejala nyeri dan menurunkan demam. Akan tetapi, tingkat efektivitas obat ini masih lebih rendah ketimbang ibuprofen.

Steroid

Dokter mungkin juga akan memberikan obat steroid guna mengatasi tonsillitis yang diderita oleh pasien. Obat ini memiliki fungsi untuk meredakan peradangan yang terjadi pada amandel.

Bagaimana Jika Obat Amandel Tidak Juga Efektif?

Pada kasus di mana amandel tidak juga sembuh setelah mengonsumsi obat amandel di atas, maka dokter mungkin akan menyarankan pasien untuk menempuh tindakan operasi amandel (tonsilektomi).

Tindakan operasi dilakukan apabila:

  • Radang tidak kunjung sembuh setelah 10 hari
  • Radang sudah sampai menimbulkan rasa sakit yang parah
  • Radang sudah sampai menyebabkan gangguan pernapasan
  • Frekuensi terjadinya radang tergolong sering

Tonsilektomi dilakukan dengan cara mengangkat amandel pasien yang dilakukan dengan 2 (dua) metode, yakni memotong langsung menggunakan pisau bedah atau membakar jaringan amandel (kauterisasi).

Pemilihan metode pengangkatan amandel disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi pasien. Pastikan Anda mendapatkan penanganan yang prosedural apabila terpaksa harus menjalani tonsilektomi ini.

 

  1. Gotter, A. 2018. Home Remedies for Tonsilitis. https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-tonsilitis (Diakses pada 24 Maret 2020)
  2. Lillis, C. 2019. How to treat tonsillitis at home. https://www.medicalnewstoday.com/articles/325961 (Diakses pada 24 Maret 2020)
  3. RSUP Dr. Sardjito. Amandel. https://sardjito.co.id/2019/10/30/amandel/ (Diakses pada 24 Maret 2020)
  4. Saha, A. 2018. 5 Effective Home Remedies for Tonsils. https://food.ndtv.com/health/5-effective-home-remedies-for-tonsils-1631116 (Diakses pada 24 Maret 2020)

Share
x