Today:29 March, 2020

Biar Game Besar Bisa Dimainkan Saat Diunduh, Google Kembangkan Sistem Incremental File

Android Incremental File Sistem Header

Gadgetren – Google tertangkap media sedang mengembangkan sistem file baru untuk ekosistem Android. Sistem ini akan mengizinkan pengguna menjalankan aplikasi meski data masih dalam proses pengunduhan.

XDA Developers menjadi salah satu sumber pertama yang mengungkapkan kabar tersebut. Menurut laporan mereka, Google sedang mempersiapkan sistem baru bernama Incremental File System untuk versi Android di masa yang akan datang.

Google sendiri bahkan sudah terekam mengirimkan patch khusus yang berisi dukungan untuk sistem file baru tersebut ke kernel Linux di dalam sebuah dokumen pada bulan Mei 2019 kemarin.

Dalam dokumen tersebut, Incremental File System dijelaskan sebagai sistem file virtual Linux dengan tujuan khusus yang memungkinkan eksekusi suatu program saat file biner dan sumber dayanya masih diunduh.

Berdasarkan keterangan yang disampaikan oleh Android Police, sistem file baru ini secara mendasar akan mengunduh data-data yang perlu dieksekusi lebih awal (seperti intro dari sebuah game) sebagai langkah pertama.

Menariknya, Google juga mempersiapkan sesuatu yang disebut dengan “hot block” untuk mengantisipasi apabila blok data belum bisa dimuat oleh aplikasi sehingga aplikasi dapat tetap berjalan baik dan tidak menampilkan halaman kosong.

Secara umum, fitur baru ini ditujukan untuk aplikasi-aplikasi yang memiliki data berukuran besar seperti aplikasi-aplikasi game seluler modern dan aplikasi berat yang terus tumbuh dari waktu ke waktu.

Sepanjang informasi yang kami terima, para pengembang aplikasi pun disebut-sebut tidak perlu mengerjakan ulang aplikasi yang sudah dikembangkan agar mendukung sistem file baru ini. Namun tentu saja, ini bisa berubah seiring dengan perkembangannya.

Keterangan dari XDA Developers menambahkan bahwa Google memang sedang menguji sistem file baru ini dengan menggunakan salah satu ponsel pintar terbarunya, yakni Google Pixel 4XL.

Meskipun demikian, tampaknya kita belum akan menemukan sistem file baru ini di versi Android tahun 2020 ini. Seperti yang kita tahu bersama, tenggat waktu peluncuran versi Android terbaru sudah semakin dekat sehingga tampaknya tidak mungkin untuk memaksakannya.

XDA Developers memperkirakan Incremental File System ini akan datang bersama dengan peluncuran versi Android 12 yang kemungkinan baru akan diperkenalkan pada tahun 2021 mendatang.

 

This article is copyright ©  Gadgetren

Share
x