Today:27 September, 2020

Sambut 2 Miliar Pengguna, WhatsApp Luncurkan Situs Privasi Baru

Situs Privasi Baru WhatsApp Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Platform WhatsApp meluncurkan halaman situs web privasi baru setelah mereka berhasil mencatat jumlah penggunanya yang kini sebanyak 2 miliar orang.

Sebagaimana pengumuman yang diterbitkan di halaman blog-nya kemarin, layanan pesan instan lintas platform tersebut sudah tahu bahwasanya mereka harus memberikan pelindung ekstra saat jumlah orang yang terhubung di layanan semakin banyak.

Untuk itulah mereka telah menempuh beberapa langkah ekstra sebagai upaya menciptakan ekosistem yang semakin aman bagi siapa saja, seperti bekerja sama dengan pakar keamanan terbaik dan menggunakan teknologi industri terkemuka.

Namun tidak bisa dipungkiri, upaya-upaya tersebut pun juga perlu diimbangi dengan kontrol pribadi dari setiap orang dalam membagikan informasi sensitifnya melalui layanan pesan singkat ini.

Dalam rangka membantu para pengguna mengelola privasi di layanannya, WhatsApp pun meluncurkan situs web privasi baru yang berisi banyak hal mengenai keamanan privasi pengguna di dalamnya.

Berdasarkan informasi yang termuat di siaran pers yang kami terima, situs baru ini diklaim akan menunjukkan seberapa mudah pengguna untuk memahami, menyesuaikan, serta mengontrol pengaturan privasi dan keamanan di layanan WhatsApp.

Secara lebih rinci, situs yang bisa diakses melalui https://www.whatsapp.com/privacy ini berisi penjelasan mengenai enkripsi end-to-end yang diterapkan oleh WhatsApp sejak tahun 2016 lalu.

Bagi kamu yang belum tahu, enkripsi ini digunakan oleh WhatsApp untuk melindungi setiap pesan dari akses pihak ketiga termasuk perusahaan itu sendiri. Sehingga dalam hal ini, nantinya hanya pengirim dan penerima saja yang bisa melihat isi pesan.

Selain itu mengenai informasi enkripsi ujung ke ujung, situs baru WhatsApp ini juga memaparkan bagaimana pengguna bisa mengontrol privasi dan keamanan mereka di dalam layanan WhatsApp dengan cukup mudah.

Adapun beberapa di antaranya, langkah-langkah yang bisa ditempuh pengguna untuk mengatur privasi grup, verifikasi dua langkah, kunci aplikasi, tanda terima, terakhir terlihat, privasi foto profil, hingga privasi status.

Melalui situs ini, WhatsApp juga menerangkan beberapa alat, fitur, dan sumber daya yang bisa digunakan oleh para pengguna untuk membuat keputusan serta menjaga komunikasi tetap aman dan terlindungi.

Dalam hal ini, WhatsApp sendiri memang sudah menyediakan beberapa perlengkapan atau fitur seperti pengaturan privasi, pemblokiran pengguna, hingga fitur untuk melaporkan spam.

Menurut saya pribadi, langkah yang WhatsApp tempuh sudah cukup tepat mengingat banyak orang yang masih belum sadar akan privasi mereka di era digital. Apabila kamu termasuk salah satu di antaranya, mengunjungi halaman tersebut bisa menjadi langkah awal yang sempurna.

 

This article is copyright ©  Gadgetren

Share