Today:19 February, 2020

4 Jenis Minyak Esensial untuk Penambah Semangat Hari-hari Anda

Sebagai salah satu alat yang membantu menenangkan pikiran, ternyata minyak esensial juga dapat berfungsi sebagai penambah semangat. Namun, tidak semua jenis ekstrak minyak harum dapat digunakan untuk kegunaan yang satu ini. 

Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui jawabannya. 

Apa saja minyak esensial untuk penambah semangat?

minyak esensial mengatasi endometriosis

Minyak esensial merupakan hasil dari penyulingan tanaman yang dijadikan ekstrak minyak harum dan mempunyai banyak kegunaan.

Sudah berpuluh-puluh tahun lamanya minyak esensial digunakan sebagai bantuan untuk menenangkan pikiran, mengatasi masalah pencernaan, hingga masalah tidur. 

Bahkan, ada beberapa jenis minyak esensial yang digunakan sebagai penambah semangat dan memperbaiki mood Anda yang kacau. Apa saja?

1. Peppermint minyak esensial penambah semangat

manfaat peppermint

Dikenal sebagai penyegar mulut dan penghilang bau napas tidak sedap, ternyata peppermint juga dapat diolah menjadi minyak esensial sebagai pemicu semangat. 

Daun mint yang ada pada peppermint merupakan tanaman herbal alami yang bersifat analgesik, anti-peradangan, antioksidan, dan antispasmodik. 

Menurut sebuah penelitian dari Journal of International Society of Sports Nutrition, menghirup minyak esensial peppermint memengaruhi proses latihan atlet. 

Di dalam penelitian tersebut terdapat 12 atlet pria yang mengonsumsi air mineral yang sudah dicampur dengan minyak peppermint. Konsumsi tersebut dilakukan sambil rutin berolahraga selama 10 hari. 

Hasilnya, minyak esensial peppermint ternyata mendukung kinerja latihan atlet yang dilihat dari fungsi paru-paru, tekanan darah, dan denyut jantung. 

Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut apakah terdapat perbedaan antara mengonsumsi minyak peppermint secara oral dengan dihirup. 

Oleh karena itu, minyak esensial peppermint mungkin dapat digunakan sebagai pemberi semangat. Terlebih lagi, ketika Anda sedang suntuk dengan pekerjaan mungkin minyak atsiri yang satu ini bisa menjadi jawabannya. 

2. Jeruk manis dan daun mint minyak esensial penambah semangat

Selain peppermint, minyak esensial campuran jeruk manis dan daun mint ternyata juga dapat digunakan sebagai penambah semangat. 

Jeruk manis atau dikenal nama latinnya sebagai Citrus sinensis merupakan buah citrus yang berasal dari Tiongkok dan kini bisa ditemukan di seluruh dunia. 

Minyak jeruk manis ternyata sering digunakan sebagai senyawa antimikroba lambung dan dapat mengeluarkan gas berlebih di perut. 

Di sisi lain, minyak esensial daun mint sudah sering digunakan untuk membantu menyembuhkan masalah kesehatan tertentu. Mulai dari masalah pencernaan, berperan sebagai dekongestan, hingga membersihkan lendir hidung. 

Jika keduanya digabungkan, ternyata bisa meningkatkan performa atlet yang sudah dibuktikan melalui penelitian dari An-Najah National University, Palestina. 

20 Atlet dikumpulkan dan dibagi menjadi dua kelompok, yaitu menghirup minyak esensial jeruk manis dan peserta lainnya menggunakan minyak daun mint. Minyak tersebut telah dicampur dengan larutan garam lima menit sebelum dilakukan tes lari. 

Hasilnya, performa latihan para atlet tersebut meningkat melalui peningkatan fungsi paru-paru setelah menghirup kedua minyak tersebut. Walaupun demikian, masih diperlukan penelitian lebih dalam lagi, apakah kedua minyak atsiri ini benar-benar efektif atau hanya efek sugesti. 

Akan tetapi, tidak ada salahnya untuk mencoba minyak esensial jeruk manis dan daun mint sebagai penambah semangat Anda. 

3. Lemon

Siapa yang tidak kenal minyak esensial lemon? Selain digunakan untuk membantu mengatasi depresi dan meningkatkan kesehatan kulit, minyak esensial lemon juga dapat dipakai sebagai penambah semangat. 

Pada tahun 2014 terdapat penelitian dari The Irish Journal of Education yang meneliti efek rangsangan indera penciuman pada siswa sekolah di Turki. Rangsangan tersebut dibentuk dari menghirup aroma minyak esensial lemon. 

Kelompok siswa tersebut kemudian dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok yang belajar dengan aroma minyak esensial dan yang belajar dalam ruangan dengan lingkungan normal. 

Setelah beberapa hari penelitian dilakukan, ternyata kelompok siswa dengan aroma minyak lemon hasil tes pelajaran mereka lebih unggul. Bahkan, setelah sebulan pemberian aroma tersebut dihentikan, kelompok eksperimen masih mengungguli kelompok normal. 

Walaupun demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut apakah minyak esensial lemon tidak memiliki efek samping ketika digunakan sebagai  penolong saat kita sedang down

4. Rosemary

Sebenarnya, rosemary atau rosmarin lebih dikenal sebagai rempah-rempah yang menambah bumbu suatu masakan. Namun, ternyata rosmarin ini bisa diolah menjadi minyak esensial untuk penambah semangat di kala hari terasa melelahkan. 

Menurut penelitian dari jurnal Scientia Pharmaceutica, efek menghirup minyak rosmarin ternyata memengaruhi mood dan aktivitas pada sistem saraf manusia.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan tekanan darah, denyut jantung, dan laju pernapasan setelah menghirup minyak atsiri. 

Bahkan, para peserta yang ikut penelitian ini menjadi lebih aktif dan merasa lebih segar setelah menggunakan minyak rosmarin. 

Oleh karena itu, Anda mungkin bisa menggunakan minyak esensial rosmarin sebagai alat untuk mengubah suasana hati menjadi lebih baik. 

Keempat minyak esensial di atas mungkin dapat menjadi penambah semangat dan meningkatkan produktivitas harian Anda. Namun, jika Anda memiliki masalah kesehatan tertentu, tanyakan kepada dokter apakah boleh menggunakan minyak esensial sebagai aromaterapi.

Baca Juga:

Share
x