Today:17 February, 2020

Aplikasi untuk Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi Saat Bekerja

Otak manusia sangat mudah teralihkan oleh berbagai hal di sekelilingnya. Jika tidak diatasi, beragam gangguan ini akan menguras energi, membuat Anda sulit fokus, dan akhirnya menghambat pekerjaan. Untungnya, ada beberapa aplikasi digital yang dapat Anda manfaatkan untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi selama bekerja.

Aplikasi terbaik untuk menjaga fokus

bahaya smartphone

Rata-rata, seorang pekerja kantoran akan teralihkan setiap 11 menit sekali saat bekerja. Alih-alih melakukan sesuatu yang membuat Anda makin tidak fokus, coba manfaatkan waktu tersebut untuk menggunakan beberapa aplikasi berikut:

1. Lumosity

Lumosity adalah aplikasi smartphone berisikan mini games untuk meningkatkan fokus, ingatan, dan kemampuan otak lainnya. Aplikasi ini menerapkan prinsip neuroplastisitas, yakni kemampuan otak untuk berubah agar bisa beradaptasi dengan situasi baru.

Melansir sebuah artikel pada jurnal Periodicum Biologorum, latihan otak berulang-ulang dengan cara ini dapat merangsang otak untuk membentuk jalur saraf baru. Jalur saraf tersebut berisikan informasi yang membuat Anda bisa mengerjakan sesuatu dengan lebih efisien.

2. Fit Brains

Seperti Lumosity, Fit Brains juga berisikan kumpulan mini games yang bertujuan untuk melatih otak. Kumpulan mini games tersebut akan melatih 6 bagian utama otak, yakni fokus, ingatan, kecepatan berpikir, logika, visual, dan bahasa.

Setiap mini games dikelompokkan berdasarkan kebutuhan dan tujuan Anda. Untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi misalnya, Anda dapat berlatih dengan berbagai mini games dalam kategori Logic Trainer yang ditawarkan aplikasi ini.

3. Pomodoro – Focus Booster

Pomodoro adalah teknik manajemen waktu yang berasal dari Prancis. Pertama, Anda bekerja selama 25 menit, lalu beristirahat selama 3-5 menit. Satu set waktu bekerja disebut satu pomodoro. Setelah istirahat, Anda mengulang lagi hingga 3 pomodoro.

Pada pomodoro keempat, waktu kerja ditambah menjadi 15-30 menit dengan waktu istirahat lebih lama. Aplikasi Pomodoro – Focus Booster akan mengingatkan Anda untuk bekerja atau beristirahat menggunakan alarm.

4. Headspace

Headspace adalah aplikasi untuk meningkatkan fokus lewat meditasi. Bagi Anda yang belum pernah bermeditasi, aplikasi ini menawarkan program meditasi selama 10 hari untuk pemula. Setelah terbiasa, durasi program bisa diperpanjang sesuai kebutuhan.

Aplikasi ini akan membantu Anda lewat video pendek, rekaman suara, serta panduan singkat setiap hari. Untuk menggunakannya, cukup cari tempat duduk yang nyaman, kemudian tekan tombol play dan sesi meditasi akan dimulai.

5. Happify

Dibandingkan aplikasi sejenisnya, Happify terbilang cukup unik. Aplikasi ini berisikan kumpulan aktivitas sederhana untuk membangun ketahanan mental, meredakan stres, melatih empati kepada orang lain, serta mengembangkan rasa terima kasih.

Aplikasi ini tentunya juga dapat digunakan untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi lewat emosi positif yang ditimbulkannya. Selain itu, Happify juga dilengkapi fitur untuk melihat perkembangan Anda selama menjalani aktivitas-aktivitas di dalamnya.

6. GPS For The Soul

Tanpa disadari, stres dari tugas sehari-hari juga bisa mengganggu fokus dan konsentrasi selama bekerja. GPS For The Soul dapat mengembalikan fokus dengan cara mendeteksi tingkat stres, lalu membantu Anda meredakannya.

Aplikasi gratis ini akan mengurangi stres yang Anda alami dengan kumpulan gambar, musik, dan kutipan yang menenangkan. Anda juga akan dipandu untuk melakukan teknik pernapasan dan meditasi sehingga badan dan pikiran semakin tenang.

Smartphone memang sering kali menjadi faktor utama yang membuat Anda sulit fokus. Namun, banyak aplikasi digital kini bermunculan untuk membantu Anda meningkatkan fokus serta meredakan stres selama bekerja.

Ketika Anda merasa begitu penat karena pekerjaan, luangkanlah waktu sejenak untuk beristirahat. Cobalah salah satu aplikasi di atas untuk menenangkan badan dan pikiran sehingga Anda bisa kembali produktif.

Baca Juga:

Share
x