Today:17 February, 2020

Stres Bikin Rambut Beruban? Ini Faktanya

Banyak orang yang mengalami rambut beruban di usia muda. Biasanya, hal ini dianggap sebagai salah satu tanda bahwa mereka sering mengalami stres. Sebenarnya, apakah stres memang bisa menyebabkan rambut beruban?

uban-stres-doktersehat

Kaitan Antara Stres dan Uban

Penelitian yang dilakukan para ahli gabungan dari dua negara, yakni Amerika Serikat dan Brasil menghasilkan fakta bahwa stres memang bisa mempengaruhi kemampuan rambut untuk memutih. Hanya saja, penelitian ini baru dilakukan dengan menggunakan tikus percobaan.

Dalam penelitian ini, dihasilkan fakta bahwa stem cell yang mengendalikan warna kulit dan rambut bisa rusak jika sering terpapar stres. Hal ini berarti, stres memang bisa membuat rambut beruban.

Normalnya, pria dan wanita mulai mengalami masalah rambut beruban saat usianya memasuki 30-an. Hal ini biasanya terkait dengan masalah genetik. Hanya saja, stres ternyata juga bisa memberikan pengaruh besar pada masalah ini.

“Kami menyadari bahwa stres memiliki tanggungjawab yang besar pada perubahan spesifik kulit atau rambut. Stres memang bisa membuat rambut beruban,” ucap salah satu peneliti dari Harvard, Ya Cieh Hsu.

Dalam penelitian ini, disebutkan bahwa stres membuat tubuh tikus mengeluarkan hormon kortisol serta adrenalin dalam jumlah yang lebih banyak. Dampak dari keberadaan hormon ini adalah peningkatan denyut jantung dan tekanan darah dengan signifikan. Hal ini ternyata berimbas pada kinerja stem cell yang mempengaruhi warna rambut. Pada akhirnya rambut pun berubah warna menjadi lebih cerah.

Penelitian ini tak hanya mengungkap dampak stres bagi uban, namun juga mencari obat untuk mengatasinya. Caranya adalah dengan menekan semacam protein berjenis cyclin dependent kinase. Penelitian pun akan dilakukan dengan lebih lanjut demi bisa benar-benar menemukan obat yang bisa menemukannya.

Mencegah Uban di Usia Muda

Meskipun uban di usia muda kini termasuk dalam hal yang wajar, pakar kesehatan menyebut banyak orang yang mengalami penurunan rasa percaya diri akibat hal ini.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan demi mencegah uban atau setidaknya menghambat perkembangannya di usia muda.

  1. Makan Makanan Bergizi

Makan makanan bergizi tak hanya akan menyediakan energi bagi tubuh atau mencegah datangnya berbagai macam penyakit, dalam realitanya, hal ini juga bisa mencegah masalah rambut beruban di usia muda, lho. Hal ini disebabkan oleh folikel rambut yang mendapatkan nutrisi yang cukup sehingga bisa memastikan warna dan kesehatan rambut terjaga.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk memenuhi nutrisi seperti seng, tembaga, dan vitamin B. Kita pun disarankan untuk rutin mengonsumsi makanan seperti telur, daging ikan, sayur bayam, makanan laut, dan kacang-kacangan.

  1. Mengendalikan Stres

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, stres bisa membuat rambut lebih mudah beruban. Pastikan untuk mengendalikan stres dengan lebih baik seperti dengan sering menyempatkan diri untuk bersantai, berlibur, atau sekadar bersenang-senang dengan keluarga dan teman-teman demi mengendalikannya.

Pakar kesehatan juga menyebut kebiasaan mendapatkan waktu tidur berkualitas setiap malam atau rutin berolahraga bisa membantu mengendalikan stres.

  1. Menghindari Asap Rokok

Jangan salah, asap rokok ternyata termasuk dalam salah satu faktor penyebab masalah rambut beruban, lho. Tak hanya mereka yang merupakan perokok aktif, para perokok pasif juga bisa mengalaminya. Hal ini disebabkan oleh kandungan beracun di dalam asap rokok yang bisa merusak pigmen rambut. Bahkan, banyak perokok aktif yang juga mengalami rambut rontok atau masalah rambut lainnya.

  1. Meminta Saran Ahli Rambut

Jika rambut beruban, kusam, kering, atau bahkan bercabang, cobalah untuk meminta saran ahli rambut demi mengatasinya.

 

Sumber

  1. Park, Alice. 2020 Scientists Confirm That Stress Can Indeed Turn Hair Grey. https://time.com/5769513/grey-hair-stress/ (Diakses pada 25 Januari 2020).

Share
x