Today:17 February, 2020

Cara Melihat Dan Membuka Titik Koordinat di Layanan Google Maps Biar Berbagi Lokasi Lebih Akurat

Cara Melihat Titik Koordinat di Google Maps Header

Gadgetren – Google Maps merupakan salah satu layanan navigasi yang saya sukai karena layanan ini dapat digunakan untuk membagikan lokasi dari sebuah tempat dalam bentuk titik koordinat.

Seperti layanan navigasi pada umumnya, Google Maps sebenarnya juga menggunakan sistem koordinat geografi di dalam layanannya untuk membantu para pengguna di bidang navigasi.

Sistem koordinat geografi sendiri merupakan sebuah sistem yang bisa digunakan untuk menunjukkan posisi suatu tempat di seluruh permukaan bumi dalam bentuk serangkaian huruf, angka dan simbol.

Ada banyak penggambaran posisi yang bisa digunakan dalam sistem ini, tetapi secara umum biasanya ditunjukkan dalam bentuk garis lintang, garis bujur, dan ketinggian sebagaimana pada Google Maps.

Nah meskipun kamu bisa membagikan data-data tersebut menggunakan tautan di layanan Google Maps, tetapi kamu pun bisa membagikanya secara langsung menggunakan titik koordinat supaya lebih akurat.

Bagaimana cara melakukannya? Khusus bagi kamu yang tertarik untuk menggunakan titik koordinat untuk membagikan lokasi di Google Maps, mari kita bahas caranya pada artikel kali ini.

Supaya bisa membagikan lokasi dengan titik koordinat, langkah pertama yang bisa kamu tempuh adalah melihat titik koordinat itu sendiri. Adapun di layanan Google Maps, kamu bisa melakukannya secara langsung dari dalam aplikasi.

Buka aplikasi Google Maps di smartphone, lalu cari tempat yang akan dibagikan. Ketuk dan tahan beberapa saat pada tempat tersebut hingga muncul tanda pin lokasi berwarna merah dan muncul keterangan mengenai tempat tersebut (Dropped Pin) di bagian bawah.

Jika sudah, kamu bisa melihat titik koordinat tempat tersebut pada kolom pencarian di bagian atas halaman Google Maps. Salin titik koordinat tersebut untuk menyimpan ataupun membagikannya secara langsung.

Cara Melihat Titik Koordinat di Google Maps 1

Dalam metode yang lain, kamu pun bisa menemukan titik koordinat ini dengan mengetuk kolom keterangan Dropped pin. Titik koordinat tempat tersebut akan tercantum di sebelah ikon pin di bagian bawah. Kamu bisa menggulirkan layar jika ikon belum muncul.

Sementara bagi pengguna yang memakai Google Maps di peramban desktop atau komputer, bisa lebih mudah untuk melihatnya. Pengguna bisa melihat titik koordinat hanya dengan mengetuk tempat yang dimaksud.

Cara Melihat Titik Koordinat di Google Maps 2

Jika berhasil, nantinya akan muncul keterangan mengenai lokasi sekaligus titik koordinatnya di bagian bawah. Kamu bisa mengetuknya untuk mendapatkan informasi yang lebih banyak.

Bagaimana cara menggunakannya? Untuk menggunakan titik koordinat tersebut, kamu hanya perlu menuliskannya di bagian kolom pencarian Google Maps lalu menekan tombol Enter.

Namun perlu diingat, Google Maps mendukung format Degrees, Minutes and Seconds (DMS) seperti 41°24’12.2″N 2°10’26.5″E, Degrees and Decimal Minutes (DMM) seperti 41 24.2028, 2 10.4418 dan Decimal degrees (DD) seperti 41.40338, 2.17403.

Oleh karenanya supaya berhasil mencari lokasi dengan metode-metode penulisan tersebut, kamu harus mengikuti beberapa format penulisan titik koordinat yang benar di layanan Google Maps.

Pertama, gunakan derajat alih-alih huruf “d”. Kedua, gunakan tanda titik (.) bukan koma (,) untuk membuat angka desimal. Ketiga, cantumkan koordinat lintang terlebih dulu baru diikuti koordinat bujur.

Share
x