Today:17 February, 2020

Mengapa This Site is Protected by Opticks Muncul di Viu?

This Site Protected by Opticks Feature

Gadgetren – Viu merupakan salah satu layanan streaming video yang cukup populer di Indonesia berkat kerja samanya dengan Telkomsel.

Bayangkan saja, Telkomsel pun memberikan kuota khusus untuk aplikasi Viu pada beberapa paket internet yang dijualnya. Secara tidak langsung, Viu telah dipromosikan oleh Telkomsel untuk para pelanggannya.

Meskipun Viu mempunyai layanan video yang baik, namun baru-baru ini ada penggunanya yang bertanya mengenai permasalahan dari munculnya peringatan This Site is Protected by Opticks ketika situs maupun aplikasi Viu diakses.

Awalnya hanya satu atau dua orang saja yang menanyakan permasalah ini seperti yang dilakukan oleh Erwin Kurniawan pada halaman Facebook miliknya, namun lama kelamaan hampir lebih dari 50 orang menyatakan mengalami kendala tersebut. Untuk itulah, saya mencoba bertanya mengalami masalah ini kepada Admin Twitter Viu Indonesia.

Posted by Erwin Kurniawan on Tuesday, December 17, 2019

 

Menurut Admin, peringatan This Site is Protected by Opticks ini muncul karena terkadang WiFi atau jaringan yang digunakan dikira berbahaya oleh situs Viu. Selain itu, permasalahan ini juga bisa muncul saat kamu menggunakan jaringan LAN kantor yang ternyata memblokir beberapa situs layanan streaming.

Admin dari Viu Indonesia pun menyarankan bahwa pengguna yang mengalami masalah ini dapat melakukan clear data pada browser yang digunakan untuk mengakses Viu. Selanjutnya, pastikan jaringan internet atau WiFi yang dipakai tidak sedang memproteksi akses ke layanan Viu.

Namun apabila kendala ini masih berlanjut, maka Admin menyarankan untuk mengirim email melalui halaman Hubungi Kami di aplikasi Viu atau bisa langsung mengirimkan email ke help.viu@vuclip.com.

Sementara itu, Opticks merupakan perusahaan teknologi yang melakukan keamanan pada sebuah situs klien dari tindak kejahatan, seperti menganalisis penipu yang pura-pura menjadi pengunjung dengan melihat aktivitas yang mencurigakan.

Opticks juga mempunyai algoritma machine learning yang dapat mengidentifikasi perilaku mencurigakan dari miliaran klik di berbagai situs maupun aplikasi mitranya.

Bahkan engineer dari Opticks telah menganalisis lebih dari 25 miliar klik dalam sebulan untuk bisa mengetahui teknik penipuan baru. Bisa dibilang Viu berusaha memproteksi website maupun jaringan layanan streaming miliknya dari penipu dan penjahat dunia siber dengan menggunakan jasa Opticks.

Dengan kata lain, munculnya tulisan This Site is Protected by Opticks ini disebabkan karena akses aplikasi atau situs Viu ditolak oleh jaringan WiFi atau internet karena perlindungan tersebut. Kemungkinan besar situs selain Viu yang menggunakan jasa Opticks pun akan memunculkan hal yang sama ketika sedang bermasalah.

Share
x