Today:27 September, 2020

7 Hal Ini Bisa Membuat Perut Tiba-Tiba Mual

Terkadang, kita merasakan sensasi tidak nyaman pada perut berupa mual-mual dan ingin muntah. Hal ini tentu bisa mengganggu aktivitas kita secara keseluruhan. Sebenarnya, apa sih penyebab dari sensasi mual dan muntah yang datang secara tiba-tiba ini?

mual-muntah-doktersehat

Berbagai Penyebab Munculnya Sensasi Mual

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mewaspadai beberapa hal yang bisa menyebabkan sensasi mual. Berikut adalah berbagai penyebab tersebut.

  1. Kenaikan Asam Lambung

Kenaikan asam lambung adalah salah satu penyebab munculnya sensasi mual yang paling sering terjadi. Biasanya, hal ini disebabkan oleh masalah kesehatan layaknya maag atau GERD. Penyebab dari dua masalah kesehatan tersebut adalah melemahnya katup yang menjadi pembatas antara kerongkongan dengan lambung, yakni otot sfingter. Hal ini membuat asam lambung atau bahkan makanan yang seharusnya tetap berada di bagian lambung justru merambat naik hingga ke tenggorokan.

Biasanya, sensasi mual yang dipicu oleh masalah kesehatan ini disertai dengan seringnya sendawa, batuk-batuk, atau sensasi masam pada pangkal mulut sebagai dampak dari adanya asam lambung.

  1. Terjadinya Infeksi pada Saluran Pencernaan

Jika kita mengalami infeksi pada saluran pencernaan yang berimbas pada keracunan atau muntaber, maka akan menyebabkan gejala mual. Hal ini sebenarnya adalah efek dari sistem metabolisme tubuh yang berusaha untuk mengeluarkan berbagai pemicu infeksi dari dalam tubuh layaknya bakteri, jamur, parasit, atau hal lainnya secara paksa. Caranya tentu saja adalah dengan mual-mual dan muntah.

Infeksi pada saluran pencernaan ini tidak bisa disepelekan karena bisa saja menyebabkan keracunan, kita harus segera meminta bantuan dokter demi mengatasinya.

  1. Mengalami Mabuk Perjalanan

Jika kita sedang dalam kondisi tidak fit saat melakukan perjalanan, baik itu dengan alat transportasi darat, udara, atau laut, maka akan mengalami mabuk perjalanan. Pakar kesehatan menyebut hal ini disebabkan oleh kekacauan sinyal yang dikirim berbagai indera tubuh ke otak sehingga menyebabkan sensasi pusing dan mual.

Gejala ini bisa menjadi semakin parah jika kita memainkan gawai atau membaca di dalam kendaraan. Pakar kesehatan menyarankan kita untuk beristirahat demi meredakan gejalanya.

  1. Mabuk yang Disebabkan oleh Alkohol

Meski sudah berkali-kali diperingatkan oleh pakar kesehatan tentang bahaya dari minuman beralkohol, tetap saja masih ada banyak orang yang mengonsumsinya karena faktor pergaulan. Padahal, dampak dari minuman ini tdak main-main. Selain bisa mengacaukan kesadaran, hal ini juga bisa memicu mual dan muntah yang parah.

Hal ini disebabkan oleh kandungan di dalam alkohol yang tidak bisa diterima oleh saluran pencernaan sehingga akhirnya dianggap sebagai racun yang harus dibuang oleh tubuh. Otak pun langsung mengirimkan sinyal untuk membuangnya dengan paksa dengan cara membuat kita mual agar bisa segera muntah.

  1. Mengalami Kepanikan

Jika kita tiba-tiba saja berada dalam kondisi panik atau stres, maka akan membuat produksi hormon serotonin meningkat drastis. Dampaknya bisa membuat denyut jantung meningkat dengan signifikan dengan napas yang cenderung lebih pendek. Selain itu, asam lambung juga akan naik dan akhirnya berimbas pada sensasi mual yang segera muncul.

  1. Dipicu oleh Konsumsi Obat-Obatan

Beberapa jenis obat ternyata bisa menyebabkan gejala mual, lho. Jika hal ini sering terjadi, sebaiknya kita segera meminta dokter untuk mengganti obat demi mencegah efek samping serupa muncul kembali.

  1. Kehamilan

Meski tidak semua ibu hamil mengalaminya, dalam realitanya morning sickness cukup sering melanda mereka yang sedang berbadan dua. Hal ini dipengaruhi oleh perubahan hormon di dalam tubuh ibu sehingga memicu gejala mual-mual.

 

Sumber:

  1. Roth, Erica. 2017. Acid Reflux and Nausea.healthline.com/health/gerd/nausea. (Diakses pada 19 Januari 2020).

Share