Today:26 January, 2020

Paten Tersebar! Smartphone Masa Depan Xiaomi Bakal Punya Tiga Layar?

Smartphone Xiaomi Tiga Layar Header

Gadgetren – Rancangan smartphone masa depan Xiaomi kembali terpapar di internet. Beberapa paten yang diungkapkan oleh ITHome memperlihatkan bahwa smartphone masa depan Xiaomi akan mengusung tiga buah layar.

Dalam bocoran yang dilaporkan oleh AndroidAuthority, setidaknya ada dua desain yang diungkapkan. Keduanya tak hanya tergambar dalam bentuk sketsa melainkan sudah ditunjukkan dalam render saat diaplikasikan pada smartphone.

Render yang pertama menunjukkan sebuah sebuah smartphone masa depan yang hadir dengan bezel tipis dan dibalut oleh layar yang membentang di bagian depan dari samping kiri hingga ke bodi belakangnya.

Pada desain ini, tidak tampak kamera depan yang digunakan. Walaupun begitu belum bisa dipastikan apakah Xiaomi memang menghilangkannya, menggunakan kamera kecil di bezel-nya, atau menggunakan kamera depan di bawah layar sehingga tidak kelihatan.

Berkebalikan dengan ini, kamera utamanya justru tergambar sangat jelas dalam rancangan tersebut. Dengan konfigurasi lensa ganda, kamera utamanya diletakan membujur ke bawah di bezel sebelah kiri bodi belakang yang cukup tebal.

Sementara itu, render yang kedua mengungkapkan bentuk smartphone yang berbeda dari rancangan pertama. Alih-alih menyematkan layar di sisi kanan atau kirinya, rancangan ini menyematkan layar di bagian atas.

Secara keseluruhan smartphone dengan rancangan kedua ini nantinya juga akan memiliki tiga buah layar tapi akan membentang dari depan, atas, hingga ke belakang bodinya. Sayangnya render layar di bagian atas tidak diperlihatkan dalam paten tersebut.

Pada rancangan kedua ini, Xiaomi juga tidak memperlihatkan kamera depannya. Namun, paten tersebut menunjukkan kamera ganda yang menonjol keluar dari layar belakangnya.

Untuk lebih jelasnya, dua rancangan tersebut bisa dilihat pada gambar berikut ini! (Klik untuk memperbesar gambar)

Smartphone Xiaomi Tiga Layar[Dokumentasi ITHome]

Baik rancangan yang pertama maupun kedua, keduanya didaftarkan oleh Xiaomi sebagai paten pada akhir bulan Desember lalu. Paten tersebut sudah diterima oleh pihak Chinese State Intellectual Property Office pada tanggal 10 Januari 2020 kemarin.

Tidak banyak informasi yang diungkapkan oleh paten tersebut sehingga belum bisa dipastikan apakah kedua smartphone dalam rancangan tersebut merupakan smartphone dengan layar lipat atau bukan. Apa yang pasti adalah kedua rancangan smartphone ini masih dalam spekulasi.

Share
x