Today:17 February, 2020

Cara Upgrade Windows 7 ke Windows 10 Biar Kamu Tetap Dapatkan Dukungan Microsoft

Cara Upgrade Windows 7 ke Windows 10 Header

[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Dukungan Microsoft terhadap Windows 7 sudah berada di penghujung akhir. Oleh karenanya, kamu perlu upgrade ke Windows 10 agar senantiasa mendapatkan dukungan khususnya untuk keamanan.

Windows 7 merupakan salah satu sistem operasi yang sangat populer bagi sebagian orang. Bahkan di masa-masa akhirnya ini, Windows 7 masih menduduki tempat kedua dengan 30 persen bagian di pasar khusus Windows (per Agustus 2019).

Diluncurkan pada tahun 2009 lalu, pengguna Windows 7 akhirnya harus menerima kenyataan bahwa dukungannya harus berakhir. Microsoft dalam halaman resminya mengungkapkan bahwa mereka tidak lagi akan memberikan dukungannya mulai tanggal 14 Januari 2020.

Dengan hilangnya dukungan dari Microsoft, Windows 7 memang masih tetap bisa digunakan. Namun tentu saja ada banyak celah yang membahayakan serta lambat laun tidak akan lagi didukung oleh berbagai macam aplikasi atau teknologi baru.

Untuk itu bagi kamu yang masih menggunakannya, inilah waktu yang tepat untuk segera mencoba versi yang lebih baru. Windows 10 mungkin versi yang paling tepat untuk ini, kecuali kamu ingin mencoba sistem operasi selain buatan Microsoft seperti Linux atau MacOS.

Kamu bisa memperoleh versi penuh dari sistem operasi terbaru Microsoft ini melalui ritel offline atau Microsoft Store. Dari pembelian ini, kamu akan memperoleh lisensi berupa product key yang bisa digunakan untuk mengaktivasi sistem.

Jika kamu memilikinya, maka kamu bisa mengikut langkah-langkah berikut ini untuk memulai proses instalasi.

Cara Upgrade Windows 7 ke Windows 10

  1. Buka halaman Download Windows 10 baik itu di perangkat yang akan diinstal atau perangkat lain.
  2. Dari halaman tersebut, kemudian pilih tombol Download tool now untuk mengunduh perlengkapan bernama Media Creation Tool.
  3. Setelah diunduh, jalankan Media Creation Tool tersebut di komputer yang akan di-upgrade.
  4. Selanjutnya akan muncul dua menu pilih, namun kali ini kamu harus memilih memilih Upgrade this PC now untuk memulai proses upgrade.
  5. Ikuti langkah-langkah yang diminta. Jangan lupa untuk memasukkan product key pada kolom yang tersedia.
  6. Tunggu hingga proses selesai

Satu hal yang perlu kamu perhatikan, proses ini memerlukan koneksi internet dan jangan sampai proses instalasi terganggu seperti menjalankan aplikasi lain atau mematikan komputer.

Jika perangkat komputermu tidak mendukung internet, kamu bisa menjalankan Media Creation Tool dengan opsi yang berbeda pada perangkat lain terlebih dahulu.

Dalam hal ini, kamu harus memilih Create installation media for another PC pada opsi dua menu yang muncul. Pilih format USB Flash drive atau ISO sesuai yang dibutuhkan di perangkat lain. Selanjutnya pindahkan file ke USB atau bakar file ke CD untuk membuatnya menjadi bootable drive.

Jika sudah berhasil menyimpannya di USB flash drive atau CD, jalankan di komputer yang ingin kamu upgrade. Ikuti permintaan yang muncul dan jangan lupa untuk memasukkan product key yang sesuai.

Mudah bukan? Nah kabar baiknya, kamu yang beruntung masih bisa upgrade dari Windows 7 ke Windows 10 secara gratis dengan cara di atas meski program tersebut sudah ditutup sejak lama.

Share
x