Today:17 February, 2020

Dua Hari lagi, Usia Windows 7 Tamat

Dua Hari lagi, Usia Windows 7 Tamat

Rumren Official, Jakarta – Bisa dikatakan bahwa usia dari OS Windows 7 sudah tinggal hitungan hari. Pasalnya pihak Microsoft akan menghentikan dukungan untuk sistem operasinya tersebut, terhitung sejak Selasa (14/1/2020).

Adanya pengumuman penghentian dukungan terhadap Windows 7, telah dibuat oleh Microsoft pada situs resminya sejak maret 2019 lalu.

Dengan demikian, pengguna yang masing meng-install Windows 7 di PC/laptop-nya, masih tetap bisa menggunakan OS tersebut.

Akan tetapi, untuk dukungan Microsoft seperti halnya update atau pembaharuan fitur baru atau patch (tambalan) keamanan, sudah tidak akan dirilis lagi.

Hal tersebut dilakukan oleh Microsoft supaya para pengguna bisa segera beralih pada sistem operasi Windows 10. Yang saat ini juga menguasai pangsa pasar.

Secara dasar, Microsoft memang akan tetap memberikan dukungan tambahan. Akan tetapi pengguna akan memperoleh dukungan tersebut dengan adanya beban biaya ekstra.

Dukungan yang sama juga bukan diperuntukkan bagi pengguna Windows 7 secara umum, melainkan hanya bagi pengguna bisnis dan enterprise atau perusahaan besar.

Biaya untuk dukungan bagi pelanggan Windows Enterprise, tepatnya yang masih menggunakan Windows 7, ialah sebesar 25 dollar AS, atau setara Rp 350.000 pada periode Januari 2020 hingga Januari 2021.

Tidak sampai disitu, harga yang sudah ditetapkan tersebut akan terus bertambah pada setiap tahunnya.

Dengan adanya peningkatan harga setiap tahun tersebut, diharap supaya para pengguna cepat beralih ke OS Windows yang lebih baru, tentu dengan penawaran harga yang lebih murah.

Seperti yang sudah dilaporkan oleh NetMarketShare, dikutip oleh Rumren Official, Minggu (12/1/2020), jumlah dari pengguna Windows 7 justru mengalami penurunan sebesar 1,4 persen.

Perhitungan dari jumlah pengguna tersebut, tercatat sejak Agustus 2019 lalu. Dan kemungkinan, jumlah akan terus menurun dengan adanya penetapan harga untuk layanan tambahan.

Untuk pangsa pasar secara keseluruhan, masih berkisar pada angka 30 persen. Sedangkan untuk Windows 10 sendiri, mempunyai pangsa pasar terbesar pada periode yang sama, yakni sebesar 50,99 persen.

Apa anda termasuk dari salah satu pengguna Windows 7? Tentu harus memperhitungkan secara detail tentang langkah melakukan upgrade.

Pasalnya dari segi keamanan, sudah dihentikan terhitung sejak 14 Januari 2020. Pengguna pun harus bayar jika tetap ingin menggunakannya.

Share
x