Today:16 February, 2020

Memelihara Anjing Bisa Atasi Depresi

pelihara-anjing-doktersehat
Photo Source: Flickr/thomasgood

Kita tentu pernah mendengar istilah anjing atau hewan peliharaan lainnya bisa menjadi teman manusia. Dalam realitanya, anggapan ini memang benar. Memelihara hewan memang bisa membuat kita mengatasi kesepian dan depresi. Kok bisa?

Cara Anjing Mengatasi Depresi

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam Journal of Psychiatric Research, disebutkan bahwa memelihara hewan seperti anjing bisa membuat kita mengalami sensasi rileks, mengatasi stres, dan meringankan depresi ringan. Fakta ini terungkap dalam penelitian yang melibatkan 80 partisipan.

Sebagai informasi, banyak penderita depresi yang cenderung kebal dengan berbagai macam pengobatan. Meskipun sudah rutin minum obat, mereka tetap saja mengalami gejala dari gangguan mental ini. Peneliti Jorge Pereira dan Daniela Fonte pun mencari alternatif lain untuk mengatasinya, yakni dengan memelihara hewan.

Para partisipan kemudian meminta para partisipan untuk memelihara hewan. Hanya 33 partisipan yang mau melakukannya, yakni 20 orang memelihara anjing, 7 orang memelihara kucing, dan sisanya memelihara hewan lainnya.

Setelah melakukan penelitian selama 12 minggu dengan pemeriksaan yang dilakukan di minggu keempat serta minggu ke delapan, dihasilkan fakta bahwa lebih dari 33 persen partisipan yang memelihara hewan mengalami perbaikan kondisi kesehatan mental.

Pereira dan Fonte pun yakin jika memelihara hewan bisa membantu orang yang sedang mengalami depresi dan membutuhkan pengobatan tambahan untuk mengatasi gejalanya. Hal ini disebabkan oleh adanya rasa sayang, tenang, dan tidak kesepian akibat adanya hewan yang selalu menemaninya.

Hanya saja, pakar kesehatan lainnya, Christian Jarrett menyebut dampak ini tidak berlaku bagi setiap penderita depresi. Jika mereka tidak bersedia atau terpaksa dalam memelihara hewan, maka manfaatnya tidak akan didapatkan. Hanya saja, jika memang penderita depresi antusias untuk memelihara hewan, maka kondisi kesehatan mental mereka memang akan cenderung membaik.

Manfaat Lain Memelihara Hewan

Pakar kesehatan menyebut ada banyak sekali manfaat kesehatan lain dari memelihara hewan selain bisa mengatasi depresi.

Berikut adalah manfaat-manfaat kesehatan tersebut.

  1. Mencegah Datangnya Penyakit Jantung

Memelihara hewan terbukti bisa membantu menurunkan tekanan darah, kolesterol, dan trigliserida. Berbagai hal ini bisa memberikan pengaruh besar bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah. Risiko terkena penyakit kardiovaskular yang mematikan pun akan semakin menurun.

Hal ini disebabkan oleh kemampuan hewan dalam mengatasi stres dan mencegah datangnya depresi. Hal ini berimbas besar pada menurunnya risiko terkena peradangan.

  1. Bisa ‘Memaksa’ Kita Berolahraga

Jika kita memelihara anjing, misalnya. Maka mau tidak mau kita harus sesekali mengajaknya berjalan-jalan agar anjing tidak bosan. Meski terlihat sepele, hal ini ternyata bisa membuat kita menjadi lebih aktif dan akhirnya berimbas pada tubuh yang semakin bugar dan sehat.

Jika kita berjalan-jalan dengan anjing di pagi hari saat sinar matahari sedang hangat, akan membuat kesehatan tulang dan mental semakin meningkat.

  1. Bisa Mencegah Datangnya Alergi

Anak-anak yang sudah terbiasa memegang kucing, anjing, atau hewan peliharaan lainnya cenderung tidak mudah mengembangkan alergi, khususnya dalam hal alergi pada hewan peliharaan.

  1. Membuat Sistem Kekebalan Tubuh Meningkat

Meski terlihat bersih, dalam realitanya hewan membawa banyak kotoran atau kuman. Apalagi jika hewan ini cenderung sering bermain di luar rumah. Hal ini ternyata bisa memberikan keuntungan tersendiri, khususnya bagi sistem kekebalan tubuh yang menjadi semakin terlatih akibat seringnya terpapar kuman dan kotoran tersebut. Hal ini tentu akan membuatnya menjadi lebih kuat melawan bibit penyakit.

  1. Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Penelitian membuktikan bahwa keberadaan hewan peliharaan yang bisa mengatasi stres dan kesepian bisa membantu kita tidur dengan lebih nyenyak.

 

Sumber:

  1. Farrell, Jeff. 2019. Sufferers of depression ‘found that a dog is a man’s best friend and beats usual treatments to combat the disease’. https://inews.co.uk/news/sufferers-of-depression-found-that-a-dog-is-a-mans-best-friend-and-beat-usual-treatments-to-combat-the-disease-197554. (Diakses pada 1 Januari 2020).

Share
x